Investing

Berkubang di Terendah 7 Bulan, Galau Brexit & Utang Rumah Tangga


 Berkubang di Terendah 7 Bulan, Galau Brexit & Utang Rumah Tangga

Investing.com - Pound jatuh ke posisi terendah tujuh bulan pada hari Kamis dalam peringatan Deputi Gubernur Bank Sentral Inggris (BoE) Jon Cunliffe terkait tingkat hutang rumah tangga dan kekhawatiran Brexit yang membebani.

GBP/USD turun 0,26% menjadi 1,3080 pada pukul 15.48 WIB, level terlemah 6 November.

Sterling berada di bawah tekanan setelah Cunliffe mengatakan dalam sebuah wawancara radio bahwa ia khawatir rumah tangga Inggris dengan tingkat utang tinggi bisa menjadi rentan oleh resesi.

"(Utang rumah tangga) yang cukup tinggi menurut standar historis tetapi (rumah tangga) bekerja keras untuk menurunkan tingkat utang itu. Tetapi di dalam itu ada area yang Anda khawatirkan," ungkap Cunliffe.

Ia juga menegaskan kembali arahan bank sentral bahwa suku bunga cenderung meningkat secara bertahap dan terbatas.

Ekspektasi untuk kenaikan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang terpukul pada awal pekan ini setelah pembuat kebijakan BoE yang baru masuk Jonathan Haskel mengatakan mungkin ada lebih banyak kelonggaran daripada yang dipikirkan pada perekonomian Inggris. Hal ini akan memperlemah kasus kenaikan suku bunga.

Ia menambahkan bahwa bank sentral memiliki ruang lingkup untuk menurunkan sedikit suku bunga jika terjadi kemerosotan ekonomi

Sementara itu, kekhawatiran atas Brexit juga membebani setelah PM Irlandia Leo Varadkar mengatakan semalam bahwa kurangnya kemajuan dalam pembicaraan adalah sesuatu yang "mengecewakan".

Euro menguat ke level tertinggi tiga minggu terhadap pound dengan EUR/GBP menyentuh 0,8838 sebelum mundur sedikit ke 0,8827.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments