Investing

Pernyataan Konstruktif Trump Ini Pengaruhi Dolar AS Flat, Yuan OK


Pernyataan Konstruktif Trump Ini Pengaruhi Dolar AS Flat, Yuan OK

Investing.com - Yuan tersokong naik pada hari ini di Asia karena komentar positif Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perdagangan yang mendukung mata uang China ini.

Pada hari Senin, Trump mengatakan di Texas pemerintahannya mencari "kesepakatan hebat dalam perdagangan" dan tidak ingin China mengalami kesulitan.

Komentar oleh penasihat Gedung Putih Kellyanne Conway, di mana dia mengatakan Trump ingin bertemu dengan Presiden China Xi "segera" juga mengangkat sentimen investor.

Putaran baru perundingan perdagangan dimulai di Beijing minggu ini ketika dua negara ekonomi terbesar di dunia mencoba mencapai kesepakatan sebelum batas waktu kenaikan tarif 1 Maret.

Pembicaraan persiapan dimulai pada hari Senin menjelang hari Kamis dan diskusi tingkat kepala sekolah yang lebih tinggi pada hari Jumat dipimpin oleh Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin, yang akan bertemu dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He.

Bank Rakyat Tiongkok (PBOC) menetapkan tingkat paritas yuan pada 6,7765 vs penetapan pada hari Senin di 6,7495.

Pasangan USD/CNY turun 0,1% menjadi 6,7862 pada pukul 12.18 WIB.

Dolar Australia, proksi Tiongkok, juga naik 0,2% terhadap dolar AS.

Penguatan dolar Australia terjadi meskipun data pada hari sebelumnya menunjukkan pinjaman rumah negara itu tersungkur 6,1%, sebuah kehilangan besar dibandingkan dengan penurunan 2% yang diharapkan.

Indeks dolar AS - yang melacak greenback terhadap sejumlah mata uang lainnya - sedikit berubah pada 96,877. Indeks dolar mencapai level tertinggi dua bulan pada hari sebelumnya, dengan pelemahan dalam pound dan ketidakpastian seputar ketegangan perdagangan China-AS yang dikutip sebagai pendukung aset safe-haven.

Pasangan GBP/USD turun mendekati 1% pada hari Senin setelah data menunjukkan ekonomi Inggris tumbuh hanya 0,2% pada kuartal keempat tahun lalu, jauh di bawah 0,6% yang dicatat untuk kuartal ketiga dan kehilangan harapan peningkatan 0,3%.

Pasangan ini terakhir diperdagangkan di 1,2863 pada hari Selasa, naik 0,1%.

Di tempat lain, pasangan USD/JPY naik 0,2% ke 11,53. Pelemahan yen dikutip sebagai katalis untuk pembelian saham Jepang hari ini. Nikkei 225 terakhir diperdagangkan di 20.849,50, melompat 2,5%.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments