Investing

Yuan Stabil, Tindakan PBoC Tenangkan Pasarkan


Yuan Stabil, Tindakan PBoC Tenangkan Pasarkan

Investing.com - Yuan China stabil terhadap dolar pada hari Rabu setelah menyentuh level terendah dalam sekitar 11 bulan semalam. Laporan bahwa Bank Sentral Rakyat China (PBoC) meyakinkan pasar bahwa bank sentral tersebut akan menjaga stabilisasi mata uang yang dikutip sebagai pendorong kenaikan yuan.

Yi Gang, gubernur PBOC, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa bahwa bank sentral akan memonitor dengan ketat fluktuasi di pasar forex dan akan mengambil tindakan untuk menjaga yuan pada tingkat yang stabil dan wajar.

Yuan jatuh pada bulan Juni dan kehilangan lebih dari 3% terhadap greenback karena kekhawatiran perang perdagangan China-AS terus menghantui para investor.

Pasangan USD/CNY melemah 0,16% di 6,6316 pada pukul 11.15 WIB pada hari Selasa, meskipun pedagang cenderung tetap waspada menjelang batas waktu 6 Juli ketika tarif AS bagi barang-barang China senilai $34 miliar akan diberlakukan.

Banyak investor khawatir bahwa rencana yang diusulkan untuk mengenakan tarif terhadap barang-barang China akan semakin mengurangi pertumbuhan global. Beijing sebelumnya mengatakan bahwa akan melakukan hal yang sama bagi produk-produk AS, sehingga meningkatkan risiko perang dagang besar-besaran.

"Sepertinya pembelian besar-besaran secara nasional," ujar Steven Leung, direktur eksekutif Uob Kay Hian (Hong Kong) Ltd di Hong Kong. "Juga, penurunannya terlalu banyak, jadi muungkin ada perburuan di harga murah."

"Tim nasional", sebagaimana badan negara China itu disebut, sebelumnya telah mengambil langkah untuk menstabilkan pasar dan mengangkat sentimen selama masa-masa penuh tekanan.

Kekhawatiran bahwa perselisihan perdagangan dengan AS akan merusak ekonomi China telah menghapus $2 triliun dari nilai saham-saham China sejak menyentuh puncak di bulan Januari.

Sementara itu, Indeks Dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, berdiri di 94,28 pada hari Rabu, turun tipis 0,04%.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments