Investing

Yuan Maju, PBoC Paksa Bank Buang Kebiasaan Kejar Momentum


Yuan Maju, PBoC Paksa Bank Buang Kebiasaan Kejar Momentum

Investing.com - Yuan China menguat untuk hari kedua setelah Bank Rakyat China (PBoC) dilaporkan mendesak bank-bank untuk mencegah "perilaku kawanan" dan gerakan mengejar momentum di pasar valas.

Pasangan USD/CNY turun 0,17% menjadi 6,8217 pada pukul 12.00 WIB. Yuan offshore, di sisi lain, kehilangan momentum ketika pasangan USD/CNH bertambah 0,06% menjadi 6,8249.

Yuan adalah salah satu mata uang berkinerja terburuk di Asia tahun ini karena telah melemah lebih dari 6% terhadap dolar dalam tiga bulan terakhir di tengah sengketa perdagangan yang semakin intensif dengan AS. Tanda-tanda ekonomi yang melambat juga mendorong mata uang China itu turun.

AS mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka akan mulai menerapkan 25% bea tambahan $16 miliar barang-barang China dalam dua minggu.

Langkah itu akan menjadi yang kedua kalinya bagi pemerintahan Trump memberlakukan bea masuk impor China sejak bulan Juli. AS memungut bea 25% pada $34 miliar barang-barang China pada tanggal 6 Juli. Sebagai respons, China menindaklanjuti dengan mengenakan bea pada nilai yang sama dari produk AS. Kementerian Perdagangan China mengatakan tidak punya pilihan selain merespons AS setelah yang terakhir "meluncurkan perang dagang terbesar dalam sejarah ekonomi."

Sementara itu, Indeks Dolar AS, yang melacak greenback terhadap sejumlah mata uang lainnya, turun 0,2% ke 94,87 pada hari Rabu.

"Jika ada tanda-tanda jelas dari perlambatan ekonomi AS akibat tarif yang dikenakan pada bulan Juli, maka saya pikir pasar akan mulai menghargai kenaikan suku bunga yang lebih lambat atau tidak ada kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve," sebut Masafumi Yamamoto, kepala mata uang ahli strategi di Mizuho Securities.

Indeks dolar naik lebih dari 6% sejak pertengahan bulan April. Kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve dikutip sebagai faktor pendukung dolar.

Di tempat lain, pasangan AUD/USD meningkat 0,12% ke 0,7430, sementara pasangan NZD/USD juga meningkat 0,21% menjadi 0,6755.

Yen Jepang menguat terhadap dolar pada hari Rabu, saat pasangan USD/JPY diperdagangkan 111,29, turun 0,08%.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments