Investing

Yen & Dolar Menguat Tipis, China Batalkan Pembicaraan Dagang


Yen & Dolar Menguat Tipis, China Batalkan Pembicaraan Dagang

Investing.com - Yen Jepang naik tipis pada hari Senin karena China membatalkan rencana pembicaraan perdagangan dengan Amerika Serikat. Dolar juga menguat setelah berita tersebut.

Mengutip berbagai sumber, Wall Street Journal melaporkan pada akhir pekan bahwa Beijing tidak mungkin untuk melanjutkan pembicaraan dengan Washington sampai setelah pemilu di bulan November.

Kunjungan yang diajukan kepada Washington oleh wakil perdana menteri Liu He awalnya dijadwalkan akan berlangsung minggu ini juga dibatalkan, menurut WSJ.

"Ini akan menjadi" permintaan yang menghina, "jika China melanjutkan pembicaraan perdagangan setelah AS mengumumkan tarif dan sanksi baru," Shi Yinhong, seorang profesor hubungan internasional di Renmin University of China, mengatakan hari Sabtu. "Dalam jangka panjang, akan ada pembicaraan, karena perang dagang tidak akan bertahan selama ribuan tahun."

Sementara itu, tarif AS atas barang-barang China senilai $200 miliar dan tarif balasan oleh Beijing senilai $60 miliar untuk produk AS akan diumumkan pada hari ini.

Pasangan USD/JPY melemah 0,01% menjadi 112,56 pada pukul 10.50 WIB. Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sejumlah mata uang, naik 0,06% menjadi 93,84.

Dolar Australia diperdagangkan melemah 0,34% ke 0,7269 terhadap dolar setelah berita itu.

"Masalahnya adalah eskalasi yang lebih lanjut tetap ada karena kedua belah pihak masih terpisah pada isu-isu kunci," ujar Kepala Ekonom AMP Shane Oliver.

"Trump tetap menentang dan mengatakan 'sudah waktunya untuk mengambil posisi terhadap China' dan ancamannya itu untuk menaikkan tarif atas semua impor dari China tetap terbuka," Oliver menambahkan.

Dolar berada di bawah tekanan akhir pekan lalu dengan investor percaya bahwa Federal Reserve AS kemungkinan akan menaikkan suku bunga untuk ketiga kalinya tahun ini, dan analis memperkirakan satu kali lagi pada bulan Desember.

Di tempat lain, pasangan USD/CNY turun 0,16% ke 6.8478. Tidak akan ada kurs tengah yuan dari Bank Rakyat China (PBoC) hari ini karena pasar China ditutup.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments