Investing

Trump Kenakan Tarif 10% Impor China, Yuan & Dolar Melandai Rendah


Trump Kenakan Tarif 10% Impor China, Yuan & Dolar Melandai Rendah

Investing.com - Yuan dan dolar AS diperdagangkan sedikit melemah pada hari Selasa menyusul pengumuman oleh pemerintahan Trump bahwa Amerika Serikat akan menetapkan tarif 10% pada $200 miliar barang-barang China, yang akan naik hingga 25% pada akhir tahun ini.

Pasangan USD/CNY diperdagangkan pada 6,8640 pukul 11.01 WIB, naik 0,1%.

Jatuhnya yuan China itu datang setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa AS melepas 10% tarif pada barang-barang China senilai $200 miliar, dan bahwa tarif tersebut akan naik menjadi 25% pada Januari 2019.

Trump menambahkan bahwa "jika China mengambil tindakan pembalasan terhadap petani kami atau industri lainnya, kami akan segera membuat tahap ketiga, yang tarifnya sekitar $267 miliar impor tambahan."

"Kami telah sangat jelas tentang jenis perubahan yang perlu dilakukan, dan kami telah memberi China setiap kesempatan untuk memperlakukan kami lebih adil," tegas dalam pernyataan itu.

"Tapi, sejauh ini, China tidak mau mengubah praktiknya."

Menurut laporan, AS menghapus sekitar 300 barang dari daftar produk yang terkena dampak sebelumnya, termasuk jam tangan cerdas, beberapa bahan kimia, bersama dengan beberapa produk lainnya.

Sementara itu, Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sejumlah mata uang lainnya, juga diperdagangkan 0,05% lebih rendah ke 94,04. Indeks telah menerima beberapa dukungan pada awal sesi dan muncul naik 94,607 setelah berita perdagangan.

Greenback telah mendapat manfaat dari permintaan safe-haven dalam beberapa bulan terakhir di tengah konflik perdagangan China-AS yang meningkat.

"Perhatian langsung ke pasar adalah bagaimana China menanggapi tarif itu," ungkap Junichi Ishikawa, ahli strategi senior FX di IG Securities Tokyo.

Di tempat lain, dolar Aussie, yang dilihat sebagai proxy perdagangan dengan China, meningkat 0,14% pada $0,7194, setelah mencapai levle terendah $0,7144 pada awal sesi.

Pasangan NZD/USD juga bertambah 0,2% menjadi 0,6593.

Pasangan USD/JPY diperdagangkan pada 111,97, naik 0,07%.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments