Investing

PBoC Umumkan Langkah Pendukung, Yuan Bergerak Tipis


PBoC Umumkan Langkah Pendukung, Yuan Bergerak Tipis

Investing.com - Yuan China sedikit berubah pada hari Senin dibayangi sengketa perdagangan dengan Amerika Serikat yang terus mendidih. Mata uang China itu telah reli pada hari Jumat setelah Bank Rakyat China (PBoC) mengumumkan langkah-langkah pendukung.

Yuan onshore beranjak tipis pada 6,8286 per dolar pukul 11.10 WIB, sedangkan yuan offshore juga merangkak naik terhadap dolar.

PBoC mengatakan pada hari Jumat bahwa akan memberlakukan persyaratan cadangan 20% pada beberapa perdagangan kontrak forward valuta asing, dan itu secara efektif membuat biaya yang lebih mahal untuk bisa menjual yuan.

Secara terpisah, satu jam setelah pengumuman, pihak berwenang China mengumumkan bahwa mereka akan memberlakukan tarif, mulai dari 5% hingga 35%, bagi $60 miliar barang AS yang mencakup banyak produk pertanian jika AS melanjutkan dengan menempatkan lebih banyak tarif bagi impor China.

Peringatan itu muncul setelah Presiden AS Donald Trump mendesak Perwakilan Perdagangan AS untuk mempertimbangkan menaikkan tarif yang diusulkan atas barang-barang China menjadi 25% dari tarif awal sebanyak 10% pada awal bulan ini.

Indeks Dolar AS, di sisi lain, naik tipis 0,06% menjadi 95,09 pada hari Senin setelah perkembangan tersebut.

"Yuan terus jatuh ketika China melakukan hal ini terakhir kali pada tahun 2015, jadi saya tidak berpikir langkah PBoC akan secara signifikan mengubah nada pasar," sebut Hao Hong, kepala strategi di Bocom International Holdings Co., melalui telepon. "Perang dagang tidak akan sampai ujungnya dan ekonomi Tiongkok melambat, jadi mengapa kecenderungannya berbalik?"

Sementara itu, bank sentral China mengumumkan tingkat referensi harian di 6,8513, yang terlemah sejak Mei tahun lalu, meskipun sejalan dengan ekspektasi analis.

Di tempat lain, pasangan AUD/USD menurun 0,07% menjadi 0,7393 saat perang perdagangan AS-China memburuk. Reserve Bank of Australia diperkirakan akan mempertahankan target suku bunga pada rekor terendah 1,5% pada hari Selasa, di mana sudah bertahan selama sekitar dua tahun, menurut laporan.

Pasangan NZD/USD sedikit melemah 0,09% menjadi 0,6741 pada hari Senin.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments