Investing

Lira Turki Sentuh Level Terendah Baru vs Dolar, 50% Kerugian Setahun


Lira Turki Sentuh Level Terendah Baru vs Dolar, 50% Kerugian Setahun

Investing.com - Lira Turki melanjutkan penurunan pada hari Kamis, dan membawa kerugian tahunan terhadap dolar menjadi lebih dari 50% saat pertemuan antara pejabat Turki dan Amerika Serikat menghasilkan beberapa hasil keputusan.

USD/TRY melaju 2,50% di 5,4122 pada pukul 15.42 WIB, dan melayang tepat di bawah rekor tertinggi sebelumnya di 5,4486.

Delegasi Turki pergi ke Washington pada hari Rabu untuk mencoba menyelesaikan perselisihan antara kedua negara. Presiden AS Donald Trump telah berulang kali mengecam Turki atas penahanan lanjutan dari pendeta evangelis Amerika Andrew Brunson atas tuduhan terorisme sementara persidangannya berlanjut di Turki barat.

Departemen Keuangan AS menerapkan sanksi terhadap para menteri keadilan dan interior Turki. Washington menyebut penahanan itu sebagai "hal yang tidak adil dan tidak terhormat".

Sedikit kemajuan dibuat pada pertemuan hari Rabu menurut laporan Reuters.

“Kami mengadakan pembicaraan tambahan dengan para pejabat Turki. Perundingan berlanjut, ” ujar juru bicara departemen luar negeri Heather Nauert.

Penurunan hari Kamis terjadi di tengah penurunan tajam dalam mata uang negara berkembang lainnya.

Dari catatan, rubel Rusia memperpanjang kerugian tajam yang terlihat pada hari Rabu ketika AS mengumumkan bahwa akan memberlakukan sanksi baru bagi Rusia setelah Washington memutuskan Moskow telah menggunakan racun agen saraf terhadap mantan agen ganda Rusia, Sergei Skripal, dan putrinya, Yulia, di Inggris. .

Kedutaan Rusia di AS mengatakan hari Kamis bahwa tuduhan itu terlalu mengada-ada dan menyebut sanksi baru tersebut kejam.

USD/RUB naik 0,82% menjadi 66,0847. Sebelumnya pasangan ini ada di 66.6500, level tertingginya sejak Agustus 2016.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments