Investing

Euro Menguat sebelum Data Zona Euro, Yen Turun oleh BoJ


Euro Menguat sebelum Data Zona Euro, Yen Turun oleh BoJ

Investing.com - Euro merangkak tinggi pada hari Selasa dengan investor menunggu laporan pertumbuhan dan inflasi di kawasan euro, sementara itu yen bergerak turun setelah Bank of Japan mengatakan akan lebih fleksibel dalam program stimulus masif.

EUR/USD menguat 0,17% menjadi 1,1725 pada pukul 14.36 WIB, setelah naik 0,41% pada hari Senin.

Angka PDB zona euro diperkirakan menunjukkan bahwa laju pertumbuhan tahunan sedikit melambat pada kuartal kedua, sementara inflasi utama diperkirakan tetap stabil.

Euro juga terdongkrak lebih tinggi terhadap yen, di mana EUR/JPY meningkat 0,38% menjadi 130,49.

BoJ berjanji mempertahankan suku bunga sangat rendah untuk sementara waktu setelah rapat kebijakan terbaru hari ini. BoJ juga membuat penyesuaian kecil bagi program pembelian aset yang membuatnya lebih fleksibel, daripada pergerakan lebih drastis yang telah diantisipasi beberapa pelaku pasar.

Perubahan kebijakan moneter mencerminkan perkiraan BoJ yang akan membutuhkan lebih banyak waktu agar inflasi mencapai target 2%.

Terhadap dolar, yen tergerus lebih rendah, dengan USD/JPY terakhir ada di 111,27, bertambah 0,2% untuk hari ini setelah mencapai level tertinggi di 111,45.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, turun tipis 0,07% ke 94,09, mundur dari level tertinggi satu minggu pada hari Jumat di 94,7.

Pelaku pasar sekarang mengamati kesimpulan dari pertemuan kebijakan dua hari Federal Reserve pada hari Rabu, di mana mungkin akan menaikkan suku bunga ketiga tahun ini pada bulan September.

Pound merangkak naik terhadap dolar, GBP/USD naik tipis 0,08% ke 1,3142, tetapi melemah terhadap euro, dengan EUR/GBP meningkat 0,11% menjadi 0,8923.

Dolar Australia melaju positif di mana AUD/USD bertambah 0,28% ke 0,7428, sementara dolar Selandia Baru bergerak datar untuk hari ini, dengan NZD/USD terakhir di 0,6823.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments