Investing

Euro Melemah oleh Kisruh Dagang & Ketidakpastian Jerman


Euro Melemah oleh Kisruh Dagang & Ketidakpastian Jerman

Investing.com - Euro melemah pada hari Senin dalam kekhawatiran dari prospek perang perdagangan global dan ketidakpastian politik terbaru dari Jerman yang menekan turun mata uang tunggal tersebut, sementara dolar memangkas kembali keuntungan hari ini terhadap safe haven yen.

EUR/USD berkurang 0,47% menjadi 1,1628 pada pukul 14.56 WIB.

Euro berada di bawah tekanan setelah menteri dalam negeri Jerman mengajukan pengunduran diri di tengah meningkatnya kisruh kebijakan imigrasi, dan hal ini menimbulkan keraguan masa depan pemerintahan koalisi Kanselir Angela Merkel.

Euro telah meningkat pada hari Jumat setelah para pemimpin Uni Eropa mencapai kesepakatan tentang migrasi, sehingga mengurangi tekanan terhadap Merkel.

Mata uang tunggal ini juga melemah setelah Presiden AS Donald Trump meningkatkan ketegangan perdagangan dengan Uni Eropa, mengklaim bahwa ia memperlakukan AS sangat buruk dan "mungkin sama buruknya dengan China, hanya lebih kecil".

Komentar tersebut meningkatkan prospek bahwa AS dapat memberlakukan tarif lebih lanjut atas impor Uni Eropa dan kemungkinan impor otomotif.

Uni Eropa telah mengancam akan membalas dengan tarif hingga 300 miliar dolar AS produk AS jika AS menghukum produsen mobil Uni Eropa.

Euro melemah terhadap yen dan franc Swiss, di mana EUR/JPY berkurang 0,48% ke 128,77 dan EUR/CHF tergerus 0,33% hingga diperdagangkan pada 1,1540.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, bertambah 0,39% menjadi 94,60, didorong oleh pelemahan euro.

Dolar memangkas kembali kenaikan terhadap yen. USD/JPY terakhir ada di 110,74, setelah mencapai level tertinggi enam minggu di 111,06.

Permintaan dolar terus didukung oleh kekuatan relatif ekonomi AS dan prospek kenaikan suku bunga tambahan oleh Federal Reserve tahun ini.

Pound melemah, dengan GBP/USD tertekan 0,42% di 1,3155.

Perdagangan dolar Australia dan Selandia Baru yang sensitif merosot lebih rendah, AUD/USD menurun 0,54% ke 0,7368, dan mendekati kembali level terendah satu setengah tahun di 0,7322 yang dicapai Rabu lalu.

NZD/USD jatuh 0,28% ke level terendah hampir satu tahun di 0,6749.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments