Investing

Dolar Tergelincir, Sterling Berjuang di Terendah 1 Tahun


Dolar Tergelincir, Sterling Berjuang di Terendah 1 Tahun

Investing.com - Dolar melemah terhadap mata uang utama pada hari Rabu, dan meluncur rendah untuk hari kedua setelah ketegangan perdagangan yang memudar, sementara sterling berkubang di dekat posisi terendah satu tahun dan tertekan lebih rendah oleh ketidakpastian Brexit.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, menyentuh level terendah 94,82 dan berada di 94,98 pada pukul 15.11 WIB setelah tergelincir 0,2% pada hari Selasa.

Indeks telah menyentuh level tertinggi dalam hampir satu tahun pada pekan lalu, didukung oleh meningkatnya suku bunga AS dan kekhawatiran atas dampak konflik perdagangan.

Rally dolar terkini telah memudar karena kekhawatiran investor atas ketegangan perdagangan global yang berkurang, sehingga meredam permintaan safe haven bagi greenback.

Ketegangan perdagangan tetap menjadi fokus setelah pemerintahan Trump mengatakan hari Selasa bahwa akan memberlakukan 25% tarif $16 miliar pada barang yang diimpor dari China akhir bulan ini.

Langkah yang terbaru ini dilakukan Washington untuk menekan China masuk ke dalam perundingan konsesi perdagangan setelah mengenakan tarif $34 miliar barang pada bulan Juli, sehingga membuat China berjanji untuk membalas.

Dolar melemah terhadap yen, di mana USD/JPY kehilangan 0,38% untuk diperdagangkan pada 110,96 menjelang pembicaraan perdagangan bilateral yang diharapkan antara AS dan Jepang di Washington pada hari Kamis.

Yen juga mendapatkan momentum terhadap euro, dengan EUR/JPY kehilangan 0,46% hingga diperdagangkan pada 128,61.

Euro merangkak lebih rendah vs dolar, EUR/USD menurun 0,1% ke 1,1586.

Mata uang tunggal tersebut meningkat ke level tertingginya sejak bulan November terhadap pound, dengan EUR/GBP meningkat 0,17% ke 0,8975.

Sterling tetap di bawah tekanan di tengah kekhawatiran atas prospek berkembangnya Brexit tanpa kesepakatan.

GBP/USD mencapai titik terendah 1,2905, terlemah sejak 31 Agustus 2017 dan terakhir ada di 1,2909, menurun 0,22% untuk hari ini.

Sementara itu, yuan Tiongkok merosot terhadap dolar, dengan mata uangnya, yang biasanya dikontrol ketat oleh Beijing, ada di 6,8340 dalam perdagangan luar negeri.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments