Investing

Dolar Tergelincir Lagi, Aussie Sedikit Naik setelah Keputusan RBA


Dolar Tergelincir Lagi, Aussie Sedikit Naik setelah Keputusan RBA

Investing.com - Dolar AS tergelincir pada hari Selasa setelah menguat pada awal perdagangan hari ini dan mendekati level tertinggi satu tahun 95,44 yang disentuh pada 19 Juli.

Indeks Dolar AS, yang melacak greenback terhadap sejumlah mata uang turun 0,02% pada 95,17 pukul 12.30 WIB. Semalam, harga mendekati level tertinggi lebih dari satu tahun di 95,652 yang disentuh pada 19 Juli, sebelum melepaskan sebagian dari keuntungannya menjelang akhir sesi.

Pedagang percaya bahwa ketegangan perdagangan terbaru antara Amerika Serikat dan China mungkin mendukung dolar, karena tarif dapat mempersempit defisit perdagangan AS.

"Masih ada banyak ketidakpastian pada tarif impor. Kami tidak tahu persis berapa banyak yang akan dilaksanakan dan seberapa buruk yang bisa didapat," ungkap Shinichiro Kadota, senior FX dan ahli strategi keuangan di Barclays Tokyo, kepada Reuters, Selasa.

"Jika pertumbuhan ekonomi AS mulai melambat akibat tarif atau karena efek pemotongan pajak di masa lalu yang memudar, maka saya pikir kinerja ekonomi bisa surut, yang juga dapat menyebabkan berkurangnya kekuatan dolar," katanya.

Sementara itu, dolar Aussie naik tipis terhadap pasangan AS. Pasangan AUD/USD naik tipis 0,08% ke 0,7394 setelah Reserve Bank of Australia mempertahankan suku bunga menginap tidak berubah pada rekor terendah 1,50%. Bank sentral tersebut mencatat bahwa meninggalkan kebijakannya tidak berubah karena suku bunga yang rendah terus mendukung ekonomi lokal. Ia juga menambahkan bahwa mereka mengharapkan inflasi menjadi lebih tinggi pada 2019 dan 2020.

Di tempat lain, yen Jepang juga menguat terhadap dolar. Pasangan USD/JPY berdetak rendah 0,08% ke 111,32 pada hari Selasa dan terus berjuang untuk mempertahankan kenaikan dalam beberapa pekan terakhir. Pasangan ini mencapai 112,0 minggu lalu.

Ke depan, AS dan Jepang diperkirakan akan melakukan pembicaraan perdagangan bilateral di Washington pada hari Kamis.

Di tempat lain, pasangan USD/CNY bertambah 0,06% menjadi 6,8590 pada hari Selasa. Yuan onshore mendekati level terendah Mei 2017, sedangkan yuan offshore mencapai level terendah 15 bulan terhadap dolar pada hari Jumat dipicu perselisihan perdagangan antara China dan AS yang meningkat.

Bank Rakyat China (PBoC) mengumumkan tingkat referensi yuan di 6,8431 pada hari Selasa vs penutupan hari sebelumnya di 6,8519.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments