Investing

Dolar Sideways, Ketegangan Dagang Beri Tekanan Yuan


Dolar Sideways, Ketegangan Dagang Beri Tekanan Yuan

Investing.com - Dolar AS terus bertahan terhadap mata uang utama lainnya pada hari Jumat, karena ketegangan perdagangan antara AS dan China bertahan lama.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, sedikit meningkat 0,08% menjadi 95,08 pada pukul 16.00 WIB.

Dolar telah didorong naik setelah the Fed mempertahankan suku bunga tidak berubah pada hari Rabu, seperti yang diharapkan. Bank sentral itu meningkatkan pandangannya terhadap ekonomi karena data ekonomi AS yang kuat mendukung kenaikan tingkat suku bunga bertahap untuk berlanjut.

Ketidakpastian perdagangan tetap ada dalam pikiran investor setelah laporan bahwa Gedung Putih berencana untuk mengusulkan 25%, bukan 10% bagi $200 miliar barang impor China. Dua ekonomi terbesar di dunia ini telah berada dalam perang perdagangan saling balas selama beberapa bulan terakhir, yang telah sangat membebani pasar.

China telah merespons bahwa pihaknya akan membalas jika AS terus memberlakukan tarif perdagangan baru tetapi AS yang lebih banyak mengimpor dari China dan investor melihat perang dagang lebih melukai Beijing. Yuan luar negeri Cina mendekati level terendah 15 bulan akibat ketakutan perang perdagangan, USD/CNH meningkat 0,22% menjadi 6,8962

Dolar menguat terhadap yen safe-haven, dengan USD/JPY bertambah 0,06% menjadi 111,71. Dalam masa ketidakpastian, investor cenderung berinvestasi dalam yen Jepang, yang dianggap sebagai aset yang aman selama periode penghindaran risiko.

Euro melemah dan EUR/USD meredup turun 0,06% menjadi 1,1577.

Sterling juga beranjak lemah di mana GBP/USD jatuh 0,17% ke 1,2996, setelah Bank of England memutuskan untuk menaikkan suku bunga pada hari Kamis meskipun dalam kekhawatiran Brexit.

Dolar Australia juga berada di bawah tekanan dipengaruhi ketegangan perdagangan China-AS. AUD/USD flat di 0,7358 sementara NZD/USD melemah 0,27% ke 0,6738. Loonie terdorong tinggi terhadap greenback, di mana USD/CAD turun tipis 0,01% menjadi 1,3021.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments