Investing

Dolar Naik vs Yen, Investasi China: Trump Pilih Pendekatan Longgar


Dolar Naik vs Yen, Investasi China: Trump Pilih Pendekatan Longgar

Investing.com - Dolar mendaki naik terhadap yen pada hari Jumat setelah Presiden AS Donald Trump mengindikasikan pendekatan yang lebih longgar bagi investasi China dalam perusahaan-perusahaan teknologi Amerika Serikat.

Gedung Putih pada Rabu waktu setempat mengumumkan bahwa mereka tidak akan menerapkan batas baru 25% pada kepemilikan warga Tiongkok dalam perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan teknologi AS, seperti yang dilaporkan oleh laporan sebelumnya pada minggu ini. Sebaliknya, pemerintah akan mengandalkan Komite Investasi Asing yang baru saja diperkuat di Amerika Serikat, atau CFIUS, untuk menangani kekhawatiran itu.

Indeks Dolar AS, yang melacak greenback terhadap enam mata uang utama, berada di 95,02, naik 0,01%. Indeks naik ke tertinggi 95,534 pada hari Kamis, level tertinggi sejak hampir setahun lalu.

Prospek kenaikan suku bunga AS juga disebut sebagai faktor pendukung dolar.

Rupiah melemah Jumat ini dan Yen jatuh pada hari Jumat, dengan pasangan USD/JPY meningkat 0,18% menjadi 110,69 akibat ketegangan perdagangan antara AS dan mitra dagang utamanya yang sedikit melunak.

Sementara itu, yuan China, yang telah turun tiap hari pada minggu ini, terus menjadi fokus karena laporan pada hari Jumat mengungkapkan pejabat China akan mengintervensi dan mencoba untuk memperlambat penurunan mata uangnya jika jatuh ke nilai 6,7 per dolar, dan menembus tingkat psikologis kunci itu dapat semakin memperburuk sentimen pada pasar ekuitas yang sudah terpukul. Pasangan USD/CNY diperdagangkan pada 6,6192 pada hari Jumat, turun 0,11%.

"Kami memiliki data ekonomi China besok, salah satu pembacaan pertama setelah ketegangan perdagangan yang meningkat. PMI China pada dasarnya flat untuk beberapa waktu tetapi jika itu menunjukkan kemerosotan besar, yang dapat memperburuk sentimen," beber Kyosuke Suzuki, direktur forex pada bank Societe Generale (PA:SOGN).


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments