Investing

Dolar Menguat setelah Fed, Pound Turun sebelum BoE


Dolar Menguat setelah Fed, Pound Turun sebelum BoE

Investing.com - Dolar beranjak naik terhadap sejumlah mata uang pada hari Kamis setelah Federal Reserve mengindikasikan bahwa tetap ada dalam jalur kenaikan suku bunga tambahan tahun ini, sementara itu pound tergelincir menjelang pengumuman kebijakan Bank of England hari ini.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, meningkat 0,21% menjadi 94,66 pada pukul 13.52 WIB.

Permintaan dolar terus didukung setelah Fed mempertahankan suku bunga tidak berubah seperti yang banyak diperkirakan pada akhir pertemuan kebijakan dini hari tadi, dan mengatakan pertumbuhan ekonomi AS telah meningkat kuat dan pasar kerja terus menguat.

Dolar juga didukung oleh permintaan safe haven di tengah kekhawatiran baru atas ketegangan perdagangan global.

Pemerintahan Trump mengindikasikan pada hari Rabu bahwa mereka berencana untuk menaikkan tarif impor China senilai $200 milyar hingga 25% setelah awalnya menetapkannya hanya 10%. Hal itu meningkatkan konflik perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia.

Euro melemah terhadap dolar, EUR/USD meluncur turun 0,21% ke 1,1634.

Dolar tertekan lebih rendah terhadap yen, di mana USD/JPY turun tipis 0,09% menjadi 111,62, tetapi masih mempertahankan sebagian besar kenaikan yang dilakukan pada hari Selasa setelah Bank of Japan berjanji untuk mempertahankan suku bunga sangat rendah untuk saat ini, bahkan ketika melakukan penyesuaian kecil untuk program pembelian asetnya agar lebih fleksibel.

Pound lebih rendah, dengan GBP/USD turun 0,28% ke 1,3090 menjelang kesimpulan dari pertemuan BoE Kamis malam ini, di mana secara luas diharapkan akan memberikan kenaikan suku bunga dalam satu dekade, meskipun memberi pandangan yang melemah bagi perekonomian Inggris dan memperdalam ketidakpastian atas Brexit.

Dolar Australia yang sensitif risiko merosot, AUD/USD turun 0,3% menjadi 0,7383. Aussie dilihat sebagai proxy bagi pertumbuhan China karena ekspor ekonomi bergantung Australia.

Dolar Selandia Baru juga menurun, di mana NZD/USD kehilangan 0,28% hingga diperdagangkan pada 0,6773.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments