Investing

Dolar Berakselerasi Positif Terfokus ECB & BoE


Dolar Berakselerasi Positif Terfokus ECB & BoE

Investing.com - Dolar beranjak tinggi terhadap euro dan pound Inggris pada hari Kamis, dengan investor sekarang memantau keputusan kebijakan oleh Bank Sentral Eropa dan Bank of England pada hari ini.

Euro melemah 0,1% menjadi 1,1620, sedangkan pound merosot ke 1,3040 pada pukul 15.50 WIB.

ECB memastikan untuk mempertahankan kebijakan tidak berubah, hanya membuat perubahan yang berfokus pada panduannya untuk tetap di jalur untuk mengakhiri pembelian obligasi tahun ini dan menaikkan suku bunga musim gugur mendatang.

BoE juga diperkirakan akan menyimpan tenaga setelah menaikkan suku bunga bulan lalu dengan ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga lainnya yang hanya terlihat pada paruh kedua tahun depan.

Mungkin menarik lebih banyak perhatian adalah pertemuan kebijakan oleh bank sentral Turki, yang diharapkan menaikkan suku bunga untuk menopang lira yang babak belur.

Lira diperdagangkan di 6.3700 per dolar, naik sekitar 0,5%. Harga merosot ke rekor terendah 7,2400 pada pertengahan Agustus.

Sementara itu, terhadap sejumlah mata uang, dolar naik tipis 0,1% ke 94,91 menjelang rilis data indeks harga konsumen AS yang akan dirilis pada hari Kamis.

Data CPI muncul setelah data harga grosir AS yang lemah terus merongrong kasus pengetatan kebijakan yang lebih cepat dari Federal Reserve.

Bank sentral AS secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuan pada pertemuan September, tetapi kemungkinan untuk langkah lain pada bulan Desember telah menurun dalam beberapa hari terakhir.

Sementara itu, investor tetap fokus pada sengketa perdagangan AS-China menyusul berita bahwa pemerintahan Trump telah mengundang para pejabat China untuk memulai kembali pembicaraan perdagangan, dan itu meningkatkan harapan untuk kesepakatan yang meredakan perselisihan tarif antara dunia dua ekonomi terbesar itu.

Yuan China merangkak naik 0,2% menjadi 6,8481 per dolar, dan mundur dari level terendah 2,5 minggu di 6,8801 yang disentuh sehari sebelumnya.

Dolar Australia, dilihat sebagai proxy pertumbuhan global karena eksposur perdagangan yang signifikan negara ke China, naik 0,3% pada 0,7190.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments