Investing

Dolar Masih Bersandar di Tertinggi 10 Minggu dalam Kekhawatiran Dagang Baru


Dolar Masih Bersandar di Tertinggi 10 Minggu dalam Kekhawatiran Dagang Baru

Investing.com - Dolar menguat ke level tertinggi 10 minggu terhadap sejumlah mata uang pada hari Selasa saat meningkatnya ketegangan perdagangan yang memperburuk kekhawatiran perlambatan pertumbuhan ekonomi global sehingga memperkuat permintaan safe haven.

Indeks dolar AS - yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama -naik 0,13% menjadi 96,47 pada pukul 15.49 WIB dan ada di dekat level tertinggi 10 minggu di 96,62 pada hari Jumat.

Permintaan dolar terus didukung setelah Bloomberg melaporkan bahwa pemerintahan Trump bersiap untuk mengumumkan tarif bagi semua impor China awal Desember ini jika pembicaraan bulan depan gagal untuk meredakan konflik perdagangan antara Washington dan Beijing.

Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akan bertemu di Argentina selama KTT G20 akhir bulan depan.

Peningkatan ketegangan perdagangan terjadi dengan latar belakang kekhawatiran atas melemahnya prospek pendapatan perusahaan teknologi dan laju kenaikan suku bunga AS.

Yen - biasanya dilihat sebagai safe haven selama waktu gejolak pasar - beranjak melemah terhadap dolar, dengan USD/JPY meningkat 0,4% menjadi 112,82 jelang pengumuman kebijakan moneter Bank of Japan pada hari Rabu.

Euro sedikit berubah terhadap dolar, EUR/USD bertahan di 1,1366, tidak jauh dari posisi terendah 10 minggu pada hari Jumat di 1,1335.

Mata uang tunggal itu telah mengalami tekanan oleh meningkatnya risiko politik di kawasan euro.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengumumkan pada hari Senin bahwa ia akan mengundurkan diri sebagai pemimpin partai dan - pada waktunya - sebagai kanselir Jerman, menyusul hasil pemilihan umum yang buruk selama akhir pekan.

Perselisihan yang sedang berlangsung antara Brussels dan Italia atas anggaran yang diusulkan Roma juga membebani euro.

Investor sedang menunggu pembaruan kesehatan ekonomi kawasan euro pada Selasa malam waktu setempat, dengan blok itu akan melaporkan perkiraan awal pertumbuhan kuartal ketiga.

Pound tertarik mundur, di mana GBP/USD turun 0,11% ke 1,2778.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments