Investing

Awal Pekan, Dolar Bergerak Tipis Sambut Rapat Penting Bank Sentral Dunia


Awal Pekan, Dolar Bergerak Tipis Sambut Rapat Penting Bank Sentral Dunia

Investing.com - Dolar sedikit berubah pada hari Senin menjelang beberapa pertemuan penting bank sentral yang akan datang pada minggu ini.

Bank of Japan mengakhiri pertemuan dua hari pada hari Selasa, sementara Federal Reserve AS menyimpulkan pertemuan kebijakan pada hari Rabu dan secara luas diharapkan untuk mengonfirmasi ulang prospek kenaikan suku bunga bertahap lebih lanjut, dan pasar hampir sepenuhnya menghargai kenaikan suku bunga di bulan September serta mengharapkan langkah lebih lanjut sebelum akhir tahun ini. Bank of England juga membuat keputusan kebijakan pada hari Kamis.

Indeks Dolar AS, yang melacak greenback terhadap sejumlah mata uang lainnya, tidak berubah pada 94,47 pukul 12.20 WIB.

PDB kuartal kedua AS tumbuh sebesar 4,1%, menandai laju pertumbuhan tercepat sejak 2014, meskipun dampaknya terhadap dolar terlihat terbatas.

Di Asia, pertemuan kebijakan Bank of Japan (BoJ) pada hari Selasa diperkirakan akan menarik fokus karena pedagang percaya bank sentral dapat mengubah kampanye pembelian aset besar-besaran. Pasangan USD/JPY bertambah 0,02% menjadi 111,05 menjelang pertemuan.

"Skenario dasar kami adalah agar BoJ tidak membuat perubahan kebijakan. Tetapi ada spekulasi yang meningkat bahwa BoJ mungkin mengubah pengaturan kontrol sebagian kurva imbal hasilnya akibat profitabilitas bank yang lebih rendah dan inflasi yang diredam di Jepang," Elias Haddad, ahli strategi mata uang senior di Commonwealth Bank of Australia, menulis dalam sebuah catatan.

Analis juga percaya bahwa BoJ juga dapat memodifikasi tujuan tahunannya untuk mengakumulasi 80 triliun yen ($720 miliar) obligasi pemerintah Jepang, serta berpotensi mengangkat target JGB 10 tahun.

"Salah satu perubahan kebijakan ini akan ditafsirkan sebagai langkah menuju menurunnya akomodasi kebijakan moneter, menyeret USD/JPY lebih rendah," ujar Haddad.

Di tempat lain, dolar Australia menurun 0,05% menjadi $0,7398, memangkas beberapa kenaikannya setelah naik sekitar 0,4% pada hari Jumat terhadap dolar yang melorot secara luas.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments