Investing

Pasar Modal Asia Masih Terus Meninggi Didukung Data Pekerjaan AS


Pasar Modal Asia Masih Terus Meninggi Didukung Data Pekerjaan AS

Investing.com – Pasar modal Asia terus diperdagangkan dengan baik di zona hijau dalam sesi perdagangan siang pada hari Senin. Data pekerjaan yang kuat dari AS pada Jumat lalu mendukung pasar saham Asia dari Tokyo hingga ke China, Seoul dan Indonesia.

AS melaporkan peningkatan upah tenaga kerja non-pertanian 223.000 pada bulan Mei, sedangkan rata-rata pendapatan per jam juga naik 0,3% dibandingkan dengan bulan Mei tahun lalu. Tingkat pengangguran turun dari 3,9% menjadi 3,8%. Data yang kuat tersebut menunjukkan kepercayaan pada ekonomi AS.

Didukung oleh data pekerjaan yang cerah dan kemungkinan kenaikan suku bunga lainnya oleh Federal Reserve AS, dolar AS tetap menguat 0,06% terhadap yen Jepang. Pelemahan yen sering disebut sebagai penghalang tren positif saham-saham Jepang, terutama untuk sektor eksportir.

Nikkei 225 Jepang melonjak 1,36% pada pukul 10.38 WIB. Produsen mobil seperti Toyota Motor Corp (T:7203) melompat 3,79%, Honda Motor Co (T:7267) melaju tinggi 2,14% dan Nissan Motor Co (T:7201) diperdagangkan meroket 1,61%.

Sementara itu, pembicaraan perdagangan antara AS dan China selama akhir pekan berakhir tanpa ada pengumuman kesepakatan. Pada hari Minggu, China mengatakan "jika AS memperkenalkan sanksi perdagangan termasuk menaikkan tarif, semua pencapaian ekonomi dan perdagangan yang dinegosiasikan oleh kedua pihak akan batal."

Namun situasi perang dagang yang menyelimuti antara AS dan China berdampak kecil terhadap pasar saham di China Raya, mengingat data pekerjaan AS yang optimis dan potensi kenaikan suku bunga oleh Fed pada akhir bulan ini turut meningkatkan sentimen pasar.

Shanghai Composite dan Komponen Shenzhen diperdagangkan naik 0,22% dan 0,25%.

Indeks Hang Seng Hong Kong juga melompat 1,28%, di mana perusahaan mobil Geely Automobile Holdings Ltd mengungguli rekan-rekan lainnya hingga melonjak 4,95%.

Sementara itu, KOSPI Korea Selatan merangkak naik 0,25%, dan ASX Australia juga menambahkan 0,48% dalam sesi perdagangan siang ini.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments