Investing

Spekulasi Tapering ECB, Euro Arungi Tanjakan


Spekulasi Tapering ECB, Euro Arungi Tanjakan

Investing.com - Euro menanjak tinggi pada hari Kamis. Mata uang ini meraup keuntungan pada hari sebelumnya setelah komentar Eropa Bank Sentral Eropa memicu harapan bahwa akan segera mulai mengurangi program stimulus moneternya.

EUR/USD meningkat 0,47% ke 1,1829 pada pukul 15.03 WIB, level tertinggi 22 Mei. Euro telah melompat sekitar 1,47% terhadap dolar sepanjang minggu ini .

Mata uang tunggal ini didorong setelah Kepala Ekonom ECB Peter Praet mengatakan pada hari Rabu bahwa para pejabat semakin yakin bahwa inflasi naik kembali ke target bank sentral dan akan melakukan debat pada minggu depan untuk membahas apakah akan memulai pengurangan kembali program pembelian asetnya secara bertahap.

Pernyataan itu memicu spekulasi bahwa pertemuan ECB bulan Juni akan melihat pengumuman tentang kapan program pembelian obligasi besar-besaran akan berakhir.

Banyak pedagang percaya bank sentral tersebut akan menunda pemberian panduan baru pada pertemuan bulan ini di tengah ketidakpastian yang disebabkan oleh perkembangan politik di Italia.

Euro terdorong ke level tertinggi dua setengah minggu terhadap yen, dengan EUR/JPY meningkat 0,25% menjadi 130,06.

Dolar melemah terhadap yen, dengan USD/JPY merosot 0,25% untuk diperdagangkan di 109,89, mundur dari level tertinggi dua minggu pada hari Rabu di 110,26 akibat investor mengambil keuntungan.

Permintaan dolar terus didukung oleh ekspektasi kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve dalam pertemuan mendatang pada Rabu pekan depan.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, turun 0,38% menjadi 93,25 seiring dengan penguatan euro.

Pound meningkat ke level tertinggi lebih dari dua minggu, di mana GBP/USD bertambah 0,37% menjadi 1,3465.

Sterling tetap didukung setelah data layanan awal pekan ini mengindikasikan bahwa ekonomi Inggris menunjukkan tanda-tanda pemulihan dari perlambatan yang terjadi baru-baru ini, sehingga menghidupkan kembali harapan bahwa Bank of England mungkin menaikkan suku bunga pada bulan Agustus.

Investor terus memantau perkembangan ketegangan perdagangan yang meningkat, mengingat bahwa Presiden AS Donald Trump tampaknya akan berlawanan pendapat dengan para pemimpin Grup Tujuh (G7) lainnya pada pertemuan akhir pekan di Kanada.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments