Investing

Pasar Menanti Katalis Baru, Euro Stabil & Dolar Tangguh


Pasar Menanti Katalis Baru, Euro Stabil & Dolar Tangguh

Investing.com - Euro dan dolar stabil pada hari Selasa dan investor menunggu katalis baru setelah kenaikan hari sebelumnya saat sinyal kekuatan perekonomian Amerika Serikat memperoleh fokus daripada kekhawatiran perdagangan.

EUR/USD stabil pada 1,1697 pada pukul 14.35 WIB, setelah naik setinggi 1,1743 pada hari Senin, level sejak 24 Mei.

Euro telah rebound sejak mencapai level terendah sepuluh bulan dari 1.1509 seminggu yang lalu karena kekhawatiran situasi politik di Italia yang mereda setelah partai anti-unifikasi membentuk pemerintahan koalisi. Hal ini mengurangi kekhawatiran bahwa pemilu ulang dapat memberikan mandat bagi negara tersebut untuk keluar dari zona euro.

Euro stabil terhadap yen, di mana EUR/JPY terakhir ada di 128,43, setelah rebound dari level terendah 11 bulan di 124,61 yang disentuh seminggu yang lalu.

Dolar sedikit berubah terhadap mata uang Jepang, dengan USD/JPY di 109,80, memperpanjang pemulihan dari level terendah lima minggu pada 108,10 Selasa lalu.

Permintaan dolar terus didukung setelah data ketenagakerjaan AS yang kuat pada hari Jumat menambah harapan untuk kenaikan suku bunga di bulan Juni oleh Federal Reserve dan menghidupkan kembali harapan untuk kenaikan suku bunga keempat tahun ini.

The Fed secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga pada pertemuan mendatang minggu depan, mengikuti pergerakan dari kenaikan suku bunga terakhir pada bulan Maret.

Ketegangan perdagangan masih menjadi fokus setelah menteri keuangan dari ekonomi terkemuka dunia mengkritik tarif baru impor baja dan aluminium pemerintahan Trump pada pertemuan G7 di Kanada selama akhir pekan lalu.

Sementara itu, pembicaraan perdagangan pada akhir pekan kemarin antara AS dan China berakhir tanpa terobosan baru, sehingga meningkatkan bahaya bahwa perundingan kedua negara bisa runtuh.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, stabil di 94,06.

Pound sedikit berubah terhadap dolar, GBP/USD terakhir bertahan di 1,3311.

Sementara itu, dolar Australia melemah setelah bank sentral Australia (RBA) menahan suku bunga stabil pada hari ini dalam keputusan yang sangat diharapkan.

AUD/USD turun tipis ke 0,7642 setelah naik sekitar 1% pada hari Senin, sementara dolar Selandia Baru tergerak lebih tinggi, dengan NZD/USD meningkat 0,16% ke 0,7037.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments