Investing

Euro Kandas, Dolar Meningkat Jelang KTT G7


Euro Kandas, Dolar Meningkat Jelang KTT G7

Investing.com - Dolar menguat dan euro berbalik turun dari kenaikan sebelumnya pada hari Jumat, serta para pedagang juga menunggu pertemuan G7.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, naik 0,19% menjadi 93,61 pada pukul 16.17 WIB.

Semua mata tertuju pada pertemuan G7, yang dimulai pada hari Jumat di Quebec, saat ketegangan perdagangan antara AS dan sekutu utamanya terus menyeruak. Prancis dan Jerman memperingatkan AS bahwa mereka tidak akan menandatangani pernyataan bersama tanpa konsesi apa pun, tetapi penasihat ekonomi utama AS Larry Kudlow memperingatkan minggu ini bahwa Presiden AS Donald Trump tidak akan mundur dari pendiriannya yang tegas terkait sektor perdagangan.

Trump tidak menunjukkan tanda-tanda konsiliasi pada Kamis malam waktu AS ketika ia menuduh Prancis dan Kanada "menagih tarif besar AS dan menciptakan halangan non-moneter".

Pertemuan moneter dua hari Federal Reserve minggu depan juga dalam fokus dengan 90% kemungkinan kenaikan suku bunga.

Euro tetap di bawah tekanan meskipun ketegangan politik yang berkurang dan harapan bagi Bank Sentral Eropa untuk mengumumkan tanggal akhir program pelonggaran kuantitatif pada pertemuan kebijakan minggu depan.

EUR/USD merosot 0,29% ke 1,1764, mundur dari level tertinggi sebelumnya di 1,1810.

Dolar melemah terhadap yen safe-haven, di mana USD/JPY melemah 0,36% ke 109,30. Dalam masa ketidakpastian, investor cenderung berinvestasi dalam mata uang yen Jepang, yang dianggap sebagai aset safe haven selama periode penghindaran risiko.

Pound merosot turun, GBP/USD melemah 0,12% menjadi 1,3405.

Di tempat lain, dolar Australia tertekan lebih rendah, dengan AUD/USD jatuh 0,73% pada 0,7567, sementara NZD/USD merosot 0,13% ke 0,7017. Loonie jatuh, USD/CAD naik 0,39% menjadi 1,3022.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments