Investing

Dolar Rebound, Yen Tertarik Mundur oleh PDB Lemah


Dolar Rebound, Yen Tertarik Mundur oleh PDB Lemah

Investing.com – Dolar rebound dalam sesi perdagangan Jumat pagi di Asia, meskipun masih melayang di dekat posisi terendah tiga minggu setelah meluncur rendah dalam beberapa hari terakhir.

Yen berada di bawah tekanan setelah data menunjukkan produk domestik bruto Jepang untuk kuartal pertama turun 0,2% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Pasar juga menanti KTT G7 pada akhir pekan ini untuk menemukan sinyal hubungan perdagangan AS dengan rekan-rekan lain.

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap enam mata uang utama, menguat 0,03% menjadi 93,46 pada pukul 10.54 WIB.

Meskipun reli yang terjadi hanya sesaat Jumat pagi, indeks dolar telah meluncur turun sejak minggu lalu, dari level tertinggi di 94,85 pada hari Rabu pekan lalu ke level terendah tiga minggu di sekitar level 93,40 Jumat ini. Dolar berada di bawah tekanan minggu ini terhadap euro yang menguat setelah rebound dari posisi terendah 10 bulan saat situasi politik di Italia mulai kembali tenang.

Ketegangan geopolitik terus semakin tenang di Asia Timur, ketika Presiden AS Donald Trump mengatakan ia mungkin menandatangani perjanjian penting yang secara resmi mengakhiri Perang Korea dengan Presiden Korea Utara Kim Jong Un pada KTT mendatang Selasa depan di Singapura. Trump bahkan menyambut Kim di Gedung Putih pada tahun ini.

Sementara itu, Jepang merilis PDB yang lebih lemah dari yang diperkirakan. Yen turun terhadap dolar, di mana pasangan USD/JPY bertambah 0,01% menjadi 109,71. Angka pertumbuhan PDB negara tersebut mencapai -0,2% per kuartal selama tiga bulan pertama 2018, dibandingkan dengan perkiraan -0,1%.

Fokus minggu ini juga pada KTT G7 yang akan datang dan dijadwalkan terjadi pada akhir pekan ini. Masalah perdagangan antara AS dan negara-negara lain akan terus mengumpulkan perhatian untuk melihat apakah perang perdagangan global akan dimulai.

In China, USD/CNY bertambah 0,15% diperdagangkan pada 6,4201. People's Bank of China (PBoC) merilis tingkat paritas yuan vs dolar, titik tengah dari mana mata uang ini diperdagangkan, pada 6,4303 dari 6,919 hari sebelumnya.

Di tempat lain, AUD/USD turun 0,21% menjadi 0,7607.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments