Investing

Dolar Meningkat dalam Ketegangan AS - Korut


Dolar Meningkat dalam Ketegangan AS - Korut

Investing.com - Dolar menanjak naik terhadap mata uang utama lainnya di sesi Asia pada perdagangan pagi hari Jumat, dan indeks dolar AS menguji level 94. Pasar tampaknya mengamati berita dengan saksama bahwa Presiden Amerika Serikat Donald Trump memutuskan untuk membatalkan pertemuan puncak yang direncanakan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Greenback tidak terpukul oleh keputusan Trump yang membatalkan pertemuan puncak 12 Juni, sebuah langkah yang dapat menyebabkan kembali ketegangan geopolitik di kawasan tersebut.

Indeks dolar AS, yang melacak dolar terhadap enam mata uang utama, berada di 93,83, naik 0,11%, pada pukul 10.42 WIB. Minggu ini greenback menguat ke level tertinggi tahun ini ketika indeks mencapai 94,10 pada Kamis dini hari.

Gedung Putih merilis surat oleh Trump untuk Kim, di mana presiden AS terkait pertemuan yang dibatalkan. Trump menyebut "kemarahan luar biasa dan permusuhan terbuka" dalam pernyataan terbaru dari Pyongyang dan menyebut hasilnya sebagai kemunduran bagi Korea Utara dan dunia.

Pasangan USD/JPY meningkat 0,27% menjadi 109,54. Yen, yang cenderung naik pada saat gejolak pasar, tidak bergerak naik oleh berita dari pertemuan yang dibatalkan tersebut. CPI Inti Tokyo juga datang sedikit lebih buruk dari yang diperkirakan, membukukan 0,5% versus perkiraan 0,6%.

Di Australia, pasangan AUD/USD kehilangan 0,11% di 0,7566. Kekhawatiran geopolitik mengirim Aussie yang terkait sentimen sedikit merendah.

Di China, People's Bank of China (PBoC) menetapkan tingkat paritas yuan terhadap dolar pada 6,3867 dibandingkan dengan 6,3816 hari sebelumnya. Pasangan USD/CNY bertambah 0,10% hingga diperdagangkan pada 6,3857.


Sumber Berita investing.com

Share Social Media


Comments